Selasa, 01 November 2011

Asisten Praktikum

Asslamualaikum wr wb

Sudah lama tidak nulis nulis lagii..
Hmm, kali ini yang mau saya tulis adalah pengalaman saya menjadi seorang Asprak (Asisten Praktikum) atau yang lebih dikenal dengan Asdos gt lah, tapi ini cuma membantu dosen saat ada praktikum saja.
Di kampus saya kan kampus teknik dan lebih banyak praktikum yang dilakukan drpd teorinya.
Jadi Asisten Praktikum adalah Seorang atau banyak orang yang membantu pekerjaan dosen dalam mengajar. *sok formal padahal artinya ngarang.

Waktu itu diadakan tes menjadi Asisten praktikum, saya mencoba-coba tesnya sama temen saya sekosan. Dia memang DEWA dalam programing, sedangkan saya cuma mahasiswa CUPU yang cuma bisa tidur, makan, makan, tidur lagi dikosan :p. Ya udah waktu tes saya isi aja jawaban sebisa saya, seadanya saya bisa menjawab. Seinget saya dr 20 soal saya cuma ngerjain 15an soal. Ehh, waktu pengumuman lha kok saya lolos malahan, klo temen saya ga usah diomongin dia pasti juga lolos juga. Waktu itu saya menjadi Asprak Pemrograman Berbasis Objek (Java).Yaa udah, jalanin saja pekerjaan yang membantu dosen, lumayan gajinya bisa buat nambah uang jajan. hehehe..

Kemudian, masuk di semester baru, di adakan tes lagi untuk menjadi Asprak. Yaa, karna saya sebenarnya mau sharing ilmu yang saya miliki (walau sedikit) dengan adek2 angkatan yang baru. Memang waktu tes, saya tidak belajar sama skali, soalnya pemberitauan tentang tesnya mepet bgt. cuma ada waktu sehari dan saya waktu itu banyak tugas dr dosen :( . Yaa udahlah, seperti biasa dikerjakan sebisanya aja lah. Klo ga lolos juga ga rugi karena ini kan gratis. Tapi klo lolos yaaa Alhamdullilah sekali.
Dan, ternyata waktu liat pengumuman, saya lolos lagii... ALHAMDULLILAH ^_^ .Tapi di tes yang ini ada tes wawancara, klo yang pertama saya tidak ada. Yaa udah ikutin aja tes wawancara itu. Ehh, ternyata dosen yang mewawancarai saya adalah dosen pembimbing saya waktu Kerja Praktek dulu. Yaa udah, kita udah saling kenal, ngobrol jadi enak, kita bisa nyambung, saya nyaman bgt di dekat beliau ( :kok kayak orang PDKT yaa ??? -_-' : ) hehe..
Malah ditanyain ttg kehidupan sehari-hari , pasangan, dan yang paling agak lucu saya ditanyain tentang kos-kosan (kirain saya calo kosan -_-' ). Masuk ke pertanyaan agak serius ni,

Dosen :  "Apa yang bisa kamu jual agar saya tertarik merekrut kamu menjadi seorang   Asprak ?? "
Saya : "Begini pak, walau IPK saya kecil pak, tapi saya cuma ingin membagi ilmu yang saya miliki dengan adek-adek angkatan pak. Mungkin dengan ilmu saya yang sedikit ini, bisa berguna bagi mereka."
Dosen : "Apa kamu yakin dengan ilmu yang kamu miliki, bisa membantu adek-adek angkatan kamu ?? "
Saya : "Insyallah saya yakin pak, karena kita di sini sama-sama belajar. Jadi tidak ada salahnya saya juga belajar dengan ilmu sedikit itu pak."
Dosen : (cuma mengangguk-aggukan kepala dan tersenyum)
Saya : (Keringat dingin, tapi tetap stay cool)
Dosen : "Mau ga langsung saja menjadi Asisten Laboratory saya ??"
Saya : (Kageet minta ampuun, ga percaya, dan bingung mau menjawab apa, tapi untung saya bisa mengendalikan kondisi )
"Begini pak, maaf bukan saya tidak mau pak, saya tau untuk menjadi seorang Asisten Laboratory itu di kontrak slama 1 tahun. Dan rencana saya mau Kerja Industri dan itu pun belum tentu di sini juga pak. Jadi daripada saya tidak menepati kontrak dan janji yang sudah dibuat Saya tidak usah menjadi Asisten Laboratory, saya cukup menjadi Asisten Praktikum saja pak".
Dosen : "hmm, bijaksana sekali jawaban anda."
Saya : (ga tau apa ya klo saya udah keringat dingin ini)
            "Yaa, itu menurut saya pak."

Dan, kemudian saya selasai melakukan tes wawancara untuk jadi Asisten Praktikum. Saya keluar menjabat tangan dosen tersebut dan tidak lupa mengatakan terima kasih atas waktu yang diberikan.
Sekitar 3 hari saya membuka email, saya mendapat kabar yang menggembirakan. Saya diterima sebagai Assisten Praktikum lagii. Tetapi ini untuk Asprak SISTEM KOMPUTER, yang isinya mengajarkan tentang apa saja komputer dan bagaimana sistem sebuah komputer itu.

Alhamdullilah, saya bisa menggakan kedua orang tua saya walau cuma menjadi seorang Asisten Praktikum, tapi saya saya sangat bersyukur dengan itu. Enaknya menjadi seorang Asprak kita bisa menambah teman, menambah kenalan, bisa mendapat ilmu bagaimana kita mengajari itu dan bisa belajar lagii dengan ilmu yang kita ajarkan. hehehe...

Cuma itu yang saya bisa tulis, maaf jika tulisan saya berantakan, karna saya bingung edit agar rapi bagaimana. Daritadi saya otak atik setting sama aja ga berubah juga tampilanya. hehehee...


Wassalamualaikum wr wb..










2 komentar: